Kuala Kapuas, infokalteng.co.id – Di siang hari, kota Kuala Kapuas dikejutkan dengan adanya laporan kebakaran di salah satu sekolah di jalan R.A.Kartini Tembus jalan Untung Surapati (Dohong) RT.10, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Rabu lalu.

Karena bangunan rata-rata terbuat dari kayu, api dengan depat melahap bangunan sekitar seperti rumah warga dan salah satu bangunan sekolah di Kapuas, untuk bangunan terdampak berjumlah 1 unit bangunan sekolah dan kurang lebih 5 unit rumah.

Untuk api, bisa dijinakan dalam waktu kurang lebih 1 jam, akibat kejadian ini terjadi saat masa pembelajaran berlangsung, para siswa mau tidak mau harus di istirahatkan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kuala Kapuas Maulinnor,S.Pd.MM mengatakan akibat kejadian ini siswa harus di istirahatkan karena tidak kondusif untuk melanjutkan pembelajaran dan juga untuk sekolah SMA Negeri  1 ini memang bersebelahan dengan lokasi kejadin.

Berakibat secara tidak langsung membuat para siswa panik, karena takut berdekatan dengan lokasi kebakaran, untungnya tim gabungan bergerak cepat memotong api yang mengakibatkan cuman kaca saja yang pecah untuk jalur pipa pemadam.

“Untuk bangunan sekolah tidak sampai terbakar, mungkin bekas bongkaran untuk memasukan alat pemadam tersebut untuk menyiram belakang sekolah,” kata Maulinnor.

Saat kebaran tersebut mengejutkannya juga Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi,ST.MT dan jajaran terjun langsung kelapangan untuk meninjau lokasi padahal saat itu masih masa pendinginan pasca kebakaran.

Oleh karena itu saat diwawancarai Erlin Hardi mengatakan, “jadi hari ini kita melihat bahwa terjadi kebakaran informasi awal dari rumah kosong katanya, yang merembet ke sekolah tentunya juga nanti secara automatus akan berpengaruh ke proses belajar mengajar.”

Pj Bupati Kapuas itu menghimbau kepada warga khususnya Kuala Kapuas untuk terus waspada dan juga karena musim kemarau terjadi kekeringan yang mengakibatkan mudah terbakar.

“Himbauan saya kepada masyarakat kita di Kuala Kapuas khususnya, kita tau bahwa ini musim kemarau, hati-hati dan waspada jangan lengah terhadap api, karena kita tau ketia itu terbakar dampaknya akan kelain,” katanya.

Beliau juga mengatakan agar para capat, lurah dan kades untuk bisa menghimbau kepada warganya agar bisa meningkatkan kembali keamanan warga.

“Saya harapkan juga nanti untuk camat, lurah dan kades untuk bisa menghimbau warganya agar bisa meningkatkan kembali siskamblingnya,” ujarnya.

Pewarta : M Ichlas Junior

Uploder : Admin

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *