Jakarta, infokalteng.co.id – RRQ X Minetourn Bedwars Championship Season 3 mengalami kendala yang cukup krusial ketika final match pada Sabtu (7/10). Peserta tidak dapat masuk kedalam server yang disediakan karena proxy overflow, TPS server yang seharusnya normal, drop saat pertandingan final akan dimulai.

RRQ X Minetourn adalah kolaborasi antara RRQ dan komunitas Minecraft Indonesia yang telah berjalan selama kurang lebih satu tahun. Kolaborasi yang diadakan RRQ sudah mencapai season ke 3 setelah season sebelumnya dapat berjalan dengan lancar. Pada hari Jumat sebelumnya telah diadakan babak penyisihan. Terhitung dari 290 peserta, 96 orang lolos dan dibagi menjadi 12 tim untuk final pada pukul 14.00 WIB di hari Sabtu dan di tayangkan secara live di channel youtube resmi milik RRQ.

“Spam join, server tick naik otomatis TPS turun. Milisecond per tick harusnya idling nol. Banyak user keluar masuk, traffic jadi naik akhirnya lag server,” ungkap Fathur selaku Server Developer.

Tim developer berusaha keras untuk dapat memperbaiki secepat mungkin. Kerusakan server menghambat pertandingan hingga 3 jam. Pada awalnya panitia mengusulkan untuk memulai kembali ketika server sudah diperbaiki pada pukul 17.00 WIB, namun peserta mengaku telah menunggu terlalu lama dan menyepakati untuk dimulai pada pukul 19.00 WIB agar mendapatkan waktu untuk istirahat serta bersiap kembali terlebih dahulu.

Pertandingan final berhasil dimulai pada pukul 19.00 WIB, peserta kembali masuk ke dalam server setelah selesai diperbaiki “kita semua panik, ngerasa sedih karena final match tapi ada problem yang krusial. Kita semaksimal mungkin kasih pengertian ke peserta, karena gimanapun ini komunitas. Kita harus profesional,” kata Naufal Co-Caster.

Acara berlangsung selama 1 jam 15 menit, mulai dari pembukaan ulang hingga pengumuman pemenang dari RRQ X Minetourn Bedwars Championship Season 3, total hadiah yang diberikan adalah 2,5 Juta Rupiah yang dibagikan kepada 3 tim pemenang pada pertandingan season ini.

“Ada miskomunikasi antara developer dan humas serta tournament creator, namun acara dapat dimulai kembali dan berjalan dengan baik. Proxy telah dinyalakan IP server sudah diganti dan membuat whitelist-ip berkala,” tutup Ruly Gultom selaku Project Manager.

Penulis : Rena Arizka
Uploder : Admin

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *