Kuala Kapuas, infokalteng.co.id – Sehubungan dengan strategi pelayanan, inovasi dan pengelolaan arsip digital, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamandau melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas.
Kunjungan kerja Disdukcapil Lamandau tersebut dipimpin oleh Sudarlin, S.Pd selaku Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk bersama Pera Krithuni Yulianto, SP., M.Si Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dan beberapa jajaran lainnya.

Kedatangan rombongan disambut secara langsung oleh Plt. Kepala Disdukcapil Kapuas Sipie S. Bungai, S.Sos., MAP yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Nerylia Paulina, S.STP., MAP, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Sri Idawati, SE, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Hamsiah, SE, di Ruang Plt. Kadis Dukcapil Kapuas, Kamis (04/11).
Adapun maksud dan tujuan kedatangan rombongan Disdukcapil Lamandau secara langsung disampaikan oleh Sudarlin adalah dalam rangka melakukan kaji banding terhadap strategi pelayanan, inovasi dan pengelolaan arsip digital yang dilaksanakan pada Disdukcapil Kabupaten Kapuas.
Menanggapi maksud dan tujuan tersebut, Sipie menyambut baik dan secara langsung memaparkan terkait kondisi dan strategi pelayanan yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Kapuas selama ini. “Kami sangat bahagia sekali menerima kunjungan kerja dari Disdukcapil Lamandau ini, dan untuk diketahui bersama Kabupaten Kapuas ini terdiri dari 17 Kecamatan, 17 Kelurahan dan 214 Desa pak, sehingga jangkauan pelayanan Disdukcapil sendiri itu sangat luas,” jelas Sipie.

Sipie juga menambahkan terkait strategi dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat adalah kerjasama tim dan adanya inovasi-inovasi kegiatan sehingga benar-benar menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas. “Salah satu inovasi yang kami jalankan selama ini adalah Pelayanan Jemput Bola SIMPUN pak/ bu, yang mana SIMPUN artinya “Sekali Muhun Uras Dinun” atau sekali turun pelayanan, masyarakat mendapatkan semua dokumen kependudukan, dan ini sudah kami terapkan pada desa-desa yang di 17 kecamatan ini,” ungkap Sipie.
Mendengar secara langsung teknis dan strategi pelayanan yang diunggkapkan oleh Plt. Kadis Dukcapil Kapuas tersebut, Pera Krithuni menggungkapkan terimakasih atas sambutan dan penjelasan-penjelasan terkait strategi pelayanan dan inovasi Disdukcapil Kapuas dan berharap agar kiranya kelak Disdukcapil Kapuas juga bisa melakukan kunjungan kerja ke Disdukcapil Lamandau. (disdukcapil/hmskmf)
